Kamis, 10 Mei 2012

GIMP 2.8: Software Gratis Alternatif Photoshop. Free

GIMP (GNU Image Manipulation Program) kembali merilis program GIMP 2.8, sebagai program alternatif dari Photoshop. GIMP 2.8 adalah software freeware alias gratis, berbeda dengan Photoshop yang harganya selangit.
GIMP memiliki banyak fitur fitur baru untuk memudahkan para usernya.


























GIMP 2.8 memiliki beberapa perubahan besar antara lain:


1. Single Windows Mode













GIMP 2.8 memperkenalkan mode single windows secara opsional. Anda dapat beralih antara mode multi window dan mode single window dengan cara centang kotak mode single windows dalam menu windows. Kini GIMP lebih mirip dengan Photoshop setelah memiliki fitur single windows mode. Dengan fitur ini setiap gambar yang anda edit, ditampilkan dalam satu window. Untuk berpindah dari satu gambar ke gambar lainnya, anda bisa melakukannya melalui tab yang ada.

2. Multi Colum Dock Windows













Ini adalah fitur yang menarik bagi pengguna Multi Monitor dimana satu layar dapat memiliki jendela yang besar dengan semua dialog dan alat , sementara semua gambar pada layar lainnya.

3. More Screen Real Estate For Dockable Dialogs.









Bar docking telah dihapus dan diganti dengan hightlight overlay. Kendali drag dockable telah dihapus dan tombol menu dockable telah dipindahkan ke tab. Sebuah gaya baru tab otomatis telah ditambahkan, yang membuat tab dockable menggunakan ruang yang tersedia.

4. Save and Export.












Fungsi Save dan Export di GIMP 2.8 telah dipisahkan. Save Image berarti menyimpan file dalam format XFC yang merupakan file utama dari GIMP. Sedangkan fungsi export bisa anda gunakan untuk menyimpan file menjadi JPG, dll.

5. Layer Group.











Untuk memudahkan penggunanya saat memanipulasi foto secara kompleks, GIMP 2.8 kini dilengkapi dengan layer groups. Anda bisa mengelompokan layer layer untuk memudahkan anda saat mengatur setiap layer yang anda kerjakan.

6. On - Canvas Text Editing.













Kini di GIMP 2.8 anda bisa mengedit teks secara on - canvas. Pemiihan font family, font style, size selector, dan properties font lainnya kini menjadi lebih mudah.

7. Peningkatan tools dan plug-ins seperti Brush, Preset, Cage Transform, dll.



















Selain itu ada banyak perubahan yang bisa kita dapatkan dalam GIMP 2.8 ini. Dengan  berbagai perubahan tersebut, GIMP semakin mengukuhkan dirinya sebagai software gartis alternatif Photoshop yang layak untuk diperhitungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar