Senin, 14 Mei 2012

Search Engine Alternatif

Banyak situs situs besar yang melakukan tracking (memata-matai) data terhadap penggunanya.
Misalnya saja Facebook, mereka menganalisa pekerjaan, hobby, umur, lokasi, alamat IP, situs yang sering dikunjungi, dan berbagai hal lainnya..untuk kemudian menampilkan iklan-iklan yang sesuai dengan interest anda. Begitu juga search engine besar seperti Google, Yahoo, dan Bing. Semuanya melakukan tracking terhadap penggunanya untuk berbagai alasan.







Jika anda tidak ingin data dan privasi anda diusik oleh search engine tersebut, anda bisa mencoba menggunakan 5 search engine alternatif berikut ini seperti yang dilansir oleh Pusat Gratis :

1. DuckDuckGo













Dari namanya mungkin anda akan langsung terbayang dengan seekor bebek. Ya..mesin pencari ini memang menggunakan bebek sebagai logo dan iconnya. DuckDuckGo tidak mentracking data apapun dari penggunanya. Ini diperkuat dengan penjelasannya di halaman Privacy Policy mereka (https://duckduckgo.com/privacy.html).

 
Baagi yang ingin mencoba mesin pencari ini, langsung saja menuju ke search engine DuckDuckGo


Kelemahan dari DuckDuckGo adalah hasil pencariannya yang masih minim. Hal ini karena kemampuan mesin pencari ini dalam mengindex halaman situs masih jauh dibawah kemampuan Google, Yahoo maupun Bing.




















 

2. StartPage
















 

StartPage sebenarnya tidak bisa dibilang sebagai search engine. StartPage hanya menghubungkan antara anda dan Google, dengan tanpa mengirimkan data privacy anda. Jadi ketika anda mencari suatu informasi disini, StartPage akan mengirimkan informasi pencarian tersebut ke Google dan hasil yang ditampilkanpun merupakan hasil pencarian dari mesin pencari Google.

Google sendiri tidak akan bisa melacak apa yang anda cari, alamat IP anda, dan informasi privasi lainnya. Google hanya akan mengetahui bahwa informasi tersebut direquest oleh StartPage, dan bukan oleh anda. Menarik kan?

Silahkan mencoba StartPage disini


Karena StartPage merupakan penghubung anda dan Google, tentu saja akhirnya waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan hasil pencarian menjadi lebih lama jika dibandingkan anda mencari langsung di Google. Hal ini tidaklah mengherankan, karena StartPage harus mengirim informasi pencarian ke Google..mengambil hasil pencariannya..dan menampilkannya kembali kepada anda.













 
3. IxQuick
















 
Jangan heran dulu jika anda melihat kemiripan desain antara IxQuick dan StartPage. Hal ini karena IxQuick adalah perusahaan utama dari tempat bernaungnya StartPage. Bedanya IxQuick menampilkan hasil pencarian bukan dari hasil pencarian Google.

Karena yang ditampilkan adalah hasil pencariannya sendiri, maka search result dari IxQuick ini jumlahnya sangat minim..hampir sama dengan DuckDuckGo.













 
IxQuick bisa langsung anda akses dari link berikut ini


 
4. AskEraser di Ask.com








Sebagian besar orang pasti sudah mengenal Ask.com. Ask memang search engine yang sudah populer, jauh lebih populer dari DuckDuckGo, StartPage mupun IxQuick. Sebenarnya secara default Ask juga melakukan tracking data privasi setiap penggunanya. Namun bedanya dengan Google, Yahoo dan Bing..Ask memiliki fitur AskEraser yang bisa digunakan pengguna untuk menghapus data privasi yang telah ditrack oleh Ask.com















Tidak hanya itu saja, jika pengguna mengatur fitur ini dalam keadaan ON, maka Ask tidak akan melakukan tracking data apapun dari penggunanya.

Anda bisa mengunjungi Ask.com disini


dan bisa mengaktifkan fitur AskEraser disini

http://www.ask.com/setting?settingType=askeraser


5. Blekko





 
Blekko secara default melakukan tracking informasi kepada setiap penggunanya. Namun bedanya, search engine ini secara rutin menghapus data-data tersebut setiap 48 jam sekali. Jadi informasi kita akan otomatis terhapus dalam 2 hari.

Blekko bisa langsung dibuka dari link berikut


Hasil pencarian Blekko juga tergolong lengkap. Blekko menjanjikan hasil pencarian yang bebas dari situs-situs spam.













Silahkan anda mencobanya.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar