Kamis, 02 Februari 2012

4 Software Mind Mapping Gratis

Mind Mapping adalah sebuah metode visualisasi ide, pikiran, atau rencana kedalam bentuk diagram yang saling berhubungan antara satu dan lainnya. Model pembelajaran mind mapping memang sudah terbukti bisa mempermudah kita dalam menyelesaikan berbagai hal. Kita bisa memanfaatkan metode mind mapping untuk memvisualisasikan pikiran dan rencana kita, mengatur alur kerja project kita, membuat project timeline, membuat diagram flowchart, membuat peta pikiran, bahkan membuat diagram brain storming. Namun tentu saja, cara memuat mind map sangatlah sulit jika kita menggambarnya secara manual. Namun dengan bantuan mind mapping software, anda bisa membuat mind map dengan cepat dan mudah.
Apapun profesi anda: pelajar, manager, penulis, mahasiswa, pengusaha, atau profesi-profesi lainnya, anda bisa mengambil banyak manfaat dari penggunaan metode mind mapping ini untuk meraih kesuksesan.
Ada banyak sekali Mind Mapping software yang bisa anda gunakan secara gratis, berikut ini adalah 4 software mind mapping terbaik menurut versi pusatgratis, lengkap dengan contoh mind map nya :
1. XMind
Xmind merupakan mind mapping software yang memiliki fitur lengkap. Software ini sangat mudah untuk digunakan. Walaupun XMind merupakan versi gratis dari XMind Pro, namun fiturnya terbilang paling lengkap dari software mind mapping gratis lainnya. Dengan XMind, anda bisa membuat Mind Map, Fishbone Diagram, serta spreadsheet. Dilengkapi dengan fitur markers, inline notes, serta hyperlink/attachments..XMind sangat mempermudah anda dalam melakukan brainstorming.Setelah anda selesai membuat mind map, anda bisa mengupload mind map anda di xmind share. Anda juga bisa mengembed mind map anda di situs atau blog yang anda miliki. Selain itu, mind map yang anda buat di XMind juga bisa anda ekspor ke format software mind mapping populer lainnya seperti FreeMind atau MindManager. Menarik sekali bukan?
XMind tersedia dalam versi Windows, Mac OS, Debian/Ubuntu, serta versi portabel.
And bisa mendownload XMind secara gratis disini



2. FreeMind
Banyak para profesional yang menggunakan FreeMind sebagai software mind map mereka. Hal ini tidaklah mengherankan karena fungsi dan fitur dari FreeMind sangatlah lengkap. Namun demikian, memang secara tampilan software ini masih lebih sederhana jika dibandingkan software mind map gratis lainnya.Software mind map yang sangat populer ini didownload oleh lebih dari 4000 orang setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa FreeMind bisa menjadi software mind mapping gratis andalan anda. FreeMind tersedia dalam versi Windows, Linux, Mac OS, serta binary untuk sistem operasi lainnya.
Anda bisa mendownload FreeMind disini




3. Edraw MindMap
Cara membuat mind map dengan Edraw MindMap tergolong sangat mudah. Hal ini karena Edraw MindMap merupakan software pembuat mind map instan yang dilengkapi dengan fitur Smart Drawing Guide. Dilengkapi dengan banyak sekali template, style, efek dan banyak contoh mind map dalam berbagai topik, membuat Edraw MindMap menjadi software Mind Mapping yang cocok bagi pemula.
Selain karena kemudahannya, Edraw MindMap juga sering dipilih karena sudah terintegrasi dengan Microsoft Office. Sayangnya, Edraw MindMap hanya tersedia dalam versi Windows saja.
Anda bisamendownload Edraw MindMap disini atau disini



4. MindMeister
Sebenarnya MindMeister bukanlah sebuah software, tetapi merupakan sebuah web aplikasi yang menyediakan layanan Mind Mapping online. Dengan mendaftarkan diri anda secara gratis, anda bisa menikmati fitur import, collaborate, share serta layanan MindMeister hingga 3 mind map.Kelebihan layanan Mind Map online dibandingkan dengan software Mind Map adalah kemampuannya untuk mengkolaborasikan Mind Map dengan teman atau tim kerja anda. MindMeister mendukung juga untuk beberapa perangkat mobile seperti iPad, iPhone serta Android.
Bagi anda yang ingin menikmati layanan mind mapping online dari MindMeister, cukup daftarkan diri anda di layanan MindMeister Basic disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar